Pemerintah Aceh Menyiapkan Klinik Konsultasi Pengelolaan Sertifikasi Halal Bagi UMKM

kantor gubernur provinsi aceh

LPH BMS – Pemerintah Aceh melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Aceh akan Menyiapkan klinik Konsultasi Pengelolaan Sertifikasi Halal Bagi UMKM di kawasan Tanah Rencong untuk berkonsultasi terkait proses sertifikasi halal dan perizinan BPOM.

Berkaitan dengan masalah kelembagaan, baik yang terkait sertifikat halal maupun BPOM, insya Allah kami akan menyediakan klinik untuk konsultasi guna meningkatkan UMKM menjadi lebih baik lagi,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Azhari di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan tersebut disampaikan di sela-sela acara Expo Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Aceh 2023,yang mana sebagai sarana promosi produk-produk wirausaha kreatif di daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Azhari menjelaskan, expo UMKM Aceh 2023 merupakan salah satu bukti nyata bahwa pemerintah Aceh secara konsisten berupaya meningkatkan pemasaran produk UMKM di provinsi paling barat Indonesia tersebut.

“Kami terus memberikan momentum kepada pelaku UMKM untuk menumbuhkan rasa percaya diri bahwa produk-produk yang sudah mereka lahirkan, yang sudah diciptakan itu akan mampu menumbuhkan perekonomian kita,” katanya.

Pihaknya juga terus melakukan langkah strategis untuk meningkatkan kreativitas pelaku UMKM demi kemajuan ekonomi Aceh.

Apalagi, UMKM menjadi salah satu pilar utama untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Aceh pasca pandemi COVID-19.

Untuk itu, Pak Azali mengajak para pengurus UMKM Aceh untuk saling memberdayakan dan saling membantu serta berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh.

“Insya Allah kami akan terus mendorong, akan terus memberikan motivasi dan akan terus menyediakan momentum atau media ruang kepada UMKM ini untuk bisa meningkatkan pasarannya,” ujarnya.

Expo UMKM Aceh menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk UMKM kepada masyarakat Aceh dan meningkatkan profilnya agar lebih dikenal sampai ke luar negeri.

Selain itu, pihaknya akan terus berupaya agar para pelaku UMKM dapat menggunakan strategi pemasaran yang berbeda baik di marketplace maupun katalog elektronik.

Berkaitan dengan  hal pendanaan dan permodalan usaha mikro, kecil, dan menengah di Aceh, pemerintah telah memberikan peluang dan kemudahan kepada Bank Indonesia Syariah (BSI) dan Bank Aceh (BAS) melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, katanya.

“Sehingga tidak ada tantangan lagi bagi pelaku UMKM untuk terus bangkit dan mendunia dalam rang emberikan kontribusi terhadap masyarakat Aceh,” katanya. Beliau berharap agar dengan adanyan kegiaan expo  UMKM aceh 2023 dapat menjadi ajang para pelaku UMKM Aceh untuk terus mencitrakan dan meningkatkan kualitas produknya sehingga mampu bersaing di pasar Naional maupun internasional.


More information :

  1. (admin 1) 0821 3700 0107

Baca juga : Syarat Sertifikasi Halal Terbaru 2023Alur Sertifikasi Halal Gratis 2023, Pentingnya Sertifikat Halal untuk Produk

Tag: lsppiujttcjana dharma indonesia, lsuhklph bmwiyayasan bms

beritahalalterbarubpjphhalalmuisertifikasihalal

Info Lebih Lanjut

© 2022 Sertifikasi Halal Indonesia