LPPOM MUI Gelar Bimtek Sertifikasi Halal untuk UMKM

LPPOM MUI Gelar Bimtek Sertifikasi Halal untuk UMKM

LPH BMS – PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama Lembaga Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) gelar bimtek sertifikasi halal untuk UMKM pada hari Jumat, 3 Maret 2023. 

Sertifikasi Halal kali ini menargetkan total 17 tenant UMKM Mitra Binaan Jasa Marga di Kampoeng UMKM Rest Area Km 88 (arah Jakarta) Jalan Tol Cipularang.

Kegiatan bimbingan teknis sertifikasi halal ini dihadiri langsung oleh Corporate Social Responsibility Department Head Jasa Marga Andina Rahmasari, Direktur LPPOM MUI DKI Jakarta Deden Edi, Wakil Direktur LPPOM MUI DKI Jakarta Arif Zulkifli beserta perwakilan 17 tenant UMK Binaan yang hadir mengikuti bimbingan teknis.

Dalam acara terpisah, Lisye Octaviana, Head Group Communications and Community Development Group Jasa Marga menjelaskan bahwa program sertifikasi halal bagi perusahaan UMK binaan merupakan salah satu upaya Jasa Marga untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas seluruh UMKM binaan yang dilaksanakan secara Bertahap.

“Dalam kesempatan yang baik ini kita harus mendukung UMK Binaan untuk pengembangannya, salah satunya melalui program sertifikasi halal. Program ini sangat memberikan manfaat kepada UMK agar usaha yang diperjualkan menjadi lebih baik, meningkatkan nilai produk hingga peningkatan penjualannya.

Dengan adanya label sertifikasi halal ini, produk para UMK akan mendapat daya tarik tersendiri bagi para konsumen serta daya tarik para pengguna jalan tol ketika mengunjungi Kampoeng UMLM di Rest Area Km 88B Jalan Tol Cipularang,” ujar Lisye.

Sementara itu, Direktur LPPOM MUI DKI Jakarta Deden Edi meyakinkan seluruh UKM untuk mengikuti program sertifikasi halal ini tanpa ragu. Ia menambahkan, terkait proses pengajuan serta tata cara dan tahapan Program Sertifikasi Halal yang dikelola LPPOM MUI DKI Jakarta sangat sederhana. 

“Alhamdulillah, saya mengucapkan selamat kepada para UMK yang hari ini terpilih untuk melakukan sertifikasi halal. Kami mengucapkan terima kasih kepada Jasa Marga yang telah memberikan bantuan serta pembinaan kepada para UMK Mitra Binaan.

Hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah yang mewajibkan semua produk makanan, minuman, obat-obatan hingga kosmetik yang beredar harus memiliki sertifikat halal dengan harapan UMK menjadi naik kelas setelah mengantongi label sertifikasi halal,” ucap Deden.

Senada dengan Deden, Wakil Direktur LPPOM MUI Jakarta, Arif Zulkifli, ikut mengapresiasi para mitra Binaan yang sudah berhasil mendapatkan sertifikasi Halal dan juga  berterima kasih kepada Jasa Marga yang telah bekerja sama dengan LPPOM MUI DKI Jakarta dalam memberi dukungan  kepada UMK Mitra Binaan. 

Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa program sertifikasi halal tidak hanya dengan melakukan pelatihan sertifikasi halal, tetapi juga memahami Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH). 

“Sistem Jaminan Produk Halal sendiri merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk menilai apakah para mitra sudah menjalankan kebijakan halal ini dengan baik atau belum. Dalam artian baik itu adalah mulai dari bahan pembuatan produk yang diperdagangkan, cara pembuatan, proses membuat, hingga bagaimana lokasi pembuatan produk atau tempat berdagang para mitra UMK,” kata Arif.

Selain 17 Mitra Binaan Kampoeng UMKM, Jasa Marga juga memfasilitasi sertifikasi Halal untuk lima Mitra Binaan di sistem operasi PT Jasamarga Transjawa Tollroad. 

Sementara itu, Jasa Marga sebelumnya juga membantu dengan membagikan sertifikat Halal kepada 24 Mitra Binaan di Jabodetabek yang didukung oleh Divisi Regional Jasamarga Tol Metropolitan.

Jasa Marga terus mengembangkan UMK Mitra Binaan sebagai bagian dari upaya implementasi jalan tol yang berkelanjutan dan sebagai bentuk implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang diusung oleh Perusahaan, khususnya dalam meningkatkan nilai manfaat dan pemberdayaan masyarakat di sekitar jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga.


More information :

  1. (admin 1) 0821 3700 0107
  2. (admin 2) 0815 7552 0823

Baca juga : Syarat Sertifikasi Halal Terbaru 2023Alur Sertifikasi Halal Gratis 2023Pentingnya Sertifikat Halal untuk Produk

Tag: lsppiujttcjana dharma indonesia, lsuhklph bmwiyayasan bms

beritahalalterbarubpjphhalalmuisertifikasihalal

Info Lebih Lanjut

© 2022 Sertifikasi Halal Indonesia