150 UMKM di Jateng Ikuti Sosialisasi Mekanisme Pendaftaran Sertifikasi Halal

150 UMKM di Jateng Ikuti Sosialisasi Mekanisme Pendaftaran Sertifikat Halal

LPH BMS – Sekitar 150 UMKM di Jateng Ikuti Sosialisasi Mekanisme Pendaftaran Sertifikasi Halal untuk mendapatkan sertifikat halal dari Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah dan MUI. Para Peserta ini adalah mereka yang berhasil diseleksi untuk sertifikasi Halal dari total ribuan pendaftar.

Mekanisme pendaftaran sertifikasi halal adalah prosedur yang harus dilakukan oleh produsen atau pelaku usaha yang ingin mendapatkan sertifikasi halal dari Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di Indonesia.

Tujuan sertifikat halal ini, menurut Ema Rahmawat, Direktur Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, untuk memberikan informasi kepada UMKM tentang proses panjang mendapatkan sertifikat tersebut. 

Setelah sosialisasi ini, para UMKM dapat menyiapkan semua persyaratan dan selanjutnya MUI akan melakukan inspeksi ke tempat dekat bahan baku hingga pengemasan. Jadi tidak diperlukan penulisan ulang besar-besaran karena semuanya sudah siap.

Usai pemilihan, selanjutnya para pendamping UMKM terlebih dahulu menyelesaikan survei pendahuluan. Kemudian, Anda akan mendapatkan total jumlah UMKM yang lolos pengajuan sertifikat Halal.  Sertifikasi halal ini tidak hanya berfokus pada makanan, minuman, produk kosmetik, saja,te tapi juga semua produk yang didaftarkan langsung diajukan ke MUI.

Kegiatan sertifikasi halal tidak dipungut biaya karena didukung penuh oleh pemerintah. Biasanya sertifikat halal harganya sekitar 2,5 juta rupiah. Dalam hal ini, karena dukungan pemerintah, tidak ada biaya yang dikenakan. 

Ahmad Izzuddin, Wakil Direktur LPPOM MUI Jateng, juga menyatakan bahwa sosialisasi ini merupakan cara strategi yang baik dari dinas untuk memfasilitasi persiapan usaha kecil dan menengah yang lebih baik. 

Sehingga bisa dikatakan sebagai upaya membangun ketahanan pangan di Jawa Tengah yang sangat penting secara legal.

Ahmad Izzuddin mengatakan, proses sertifikasi halal akan sangat cepat jika dilakukan dengan cara sosialisasi, sertifikat bisa diterbitkan dalam waktu seminggu, paling lama 12-15 hari. 


More information :

  1. (admin 1) 0821 3700 0107
  2. (admin 2) 0815 7552 0823

Baca juga : Syarat Sertifikasi Halal Terbaru 2023Alur Sertifikasi Halal Gratis 2023Pentingnya Sertifikat Halal untuk Produk

Tag: lsppiujttcjana dharma indonesia, lsuhklph bmwiyayasan bms

beritahalalterbarubpjphhalalmuisertifikasihalal

Info Lebih Lanjut

© 2022 Sertifikasi Halal Indonesia