Dampak Produk Yang Tidak Bersertifikat Halal

Dampak Produk Yang Tidak Bersertifikat Halal

LPH BMS – Dampak produk usaha yang tidak bersertifikat halal dapat memberikan dampak negatif bagi konsumen dengan notabene beragama muslim. hal ini  karena mereka tidak dapat memastikan apakah produk tersebut telah memenuhi persyaratan halal atau tidak.

Kegiatan ekonomi tentunya tidak terlepas dari perkembangan dan kemajuan suatu produk. Sebagai seorang yang menganut agama muslim yang tinggal di negara dengan mayoritasnya muslim harus memperhatikan kehalalan produknya, karena perkembangan teknologi dapat mendorong berkembangnya produk-produk baru, hal ini membuat kita semakin selektif dalam memilih produk halal yang sesuai dengan syariat Islam.

Pencantuman label Halal ini tidak hanya penting bagi konsumen, tetapi juga bagi produsen. Karena merek halal sendiri bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada konsumen.

Bagi produsen, merek halal ini dapat membangun rasa kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap produk mereka. Produk bersertifikat halal juga lebih kompetitif jika dibandingkan produk yang idak bersertifikat Halal

Beberapa dampak yang mungkin terjadi antara lain:

  • Tidak mendapat kepercayaan dari konsumen yang beragama Muslim

Konsumen Muslim mungkin akan enggan membeli  suatu produk yang tidak bersertifikat Halal karena mereka tidak dapat memastikan bahwa produk tersebut Halal.Nah hal ini akan berdampak pada suatu usaha tersebut karena tidak mendapatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan merek yang dipasarkan.

  • Tidak dapat memasuki Pasar Halal

Produk yang tidak bersertifikat halal kemungkinan tidak dapat menembus pasar halal yang terus berkembang.

  • Dikenakan sanksi

Jika produk tersebut ditemukan tidak halal sesuai yang ditetapkan oleh otoritas terkait, pengusaha dapat menghadapi hukuman yang berat dan dampaknya dapat merugikan bisnis. 

  •  Kehilangan banyak pelanggan

Konsumen yang mengetahui bahwa produk yang dibelinya tidak bersertifikat halal dapat meninggalkan merek tersebut dan beralih ke merek lain yang sudah bersertifikat halal Oleh karena itu, untuk menghindari dampak negatif tersebut, penting bagi pengusaha untuk memastikan bahwa produk mereka bersertifikat halal dari lembaga yang terpercaya dan diakui oleh otoritas terkait. 


More information :

  1. (admin 1) 0821 3700 0107
  2. (admin 2) 0815 7552 0823

Baca juga : Syarat Sertifikasi Halal Terbaru 2023Alur Sertifikasi Halal Gratis 2023Pentingnya Sertifikat Halal untuk Produk

Tag: lsppiujttcjana dharma indonesia, lsuhklph bmwiyayasan bms

beritahalalterbarubpjphhalalmuisertifikasihalal

Info Lebih Lanjut

© 2022 Sertifikasi Halal Indonesia