Peran Pemerintah Dalam Mendukung Sertifikasi Halal

wakil presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin

LPH BMS – Peran pemerintah sangat penting dalam mendukung sertifikasi halal, mengingat halal menjadi kebutuhan yang penting bagi umat muslim.

Pemerintah juga bertanggung jawab dalam menyelenggarakan Jaminan Produk Halal (JPH) secara aman, nyaman dan melindungi konsumen dalam mengkonsumsi maupun menggunakan produk. Penyelenggara Jaminan produk halal ini dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Berikut ini adalah beberapa peran penting pemerintah dalam mendukung sertifikasi halal:

Mengatur dan Membuat Kebijakan

Pemerintah dapat mengeluarkan atau membuat peraturan dan praktik sertifikasi halal dan memberi wewenang kepada lembaga sertifikasi halal untuk menerbitkan sertifikasi halal. Pemerintah juga dapat memberikan dukungan finansial untuk memperkuat sistem sertifikasi halal.

Mendorong Pembentukan Lembaga Sertifikasi

Pemerintah juga dapat mendorong dan mendukung terkait pembentukan lembaga sertifikasi halal yang mandiri dan terpercaya. Peran lembaga sertifikasi halal ini adalah untuk memastikan produk atau jasa yang diproduksi sesuai dengan standar halal yang ditetapkan. 

Mengawasi dan Memeriksa

Pemerintah memiliki peran penting dalam melakukan pengawasan dan audit terhadap suatu  lembaga sertifikasi halal untuk memastikan bahwa proses sertifikasi halal telah dilakukan secara benar dan sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan. 

Memperkenalkan dan Mempromosikan

Pemerintah dapat memperkenalkan dan mensosialisasikan terkait pentingnya sertifikasi Halal kepada seluruh masyarakat, produsen dan pedagang. Dengan melakukan promosi yang baik, masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya produk Halal dan produsen akan lebih termotivasi untuk memproduksi produk Halal. 

Berkolaborasi dengan Berbagai Pihak Terkait

Pemerintah dapat melakukan kerja sama dengan lembaga sertifikasi halal dan pemangku kepentingan lainnya untuk memperkuat sistem sertifikasi halal dan meningkatkan kualitas produk halal yang diproduksi. 

Dengan adanya peran pemerintah yang kuat dalam mendukung sertifikasi halal, sangat diharapkan agar dapat meningkatkan kualitas produk halal yang dihasilkan dan mampu memberikan jaminan kehalalan bagi seluruh masyarakat khusnya masyarakat yang beragama muslim.


More information :

  1. (admin 1) 0821 3700 0107
  2. (admin 2) 0815 7552 0823

Baca juga : Syarat Sertifikasi Halal Terbaru 2023Pentingnya Sertifikat Halal untuk Produk, Sinergi BPJPH, LPH dan MUI dalam Sertifikasi Halal

Tag: lsppiujttcjana dharma indonesia, lsuhklph bmwiyayasan bms

beritahalalterbarubpjphhalalmuisertifikasihalal

Info Lebih Lanjut

© 2022 Sertifikasi Halal Indonesia