Perkuat Wisata Halal, MUI Yogyakarta Dukung Pembenahan Fasilitas Ramah Muslim di Hotel Hingga Ruang Publik

Perkuat Wisata Halal, MUI Yogyakarta Dorong Pembenahan Fasilitas Ramah Muslim di Hotel Hingga Ruang Publik

LPH BMS – Perkuat wisata halal, MUI Yogyakarta dukung pembenahan fasilitas ramah muslim di hotel hingga ruang publik sebagai salah satu destinasi wisata halal di tanah air.

Wisata halal merupakan konsep wisata yang memperhatikan aspek halal dalam semua paket perjalanan. Wisata halal tidak hanya menjamin makanan dan minuman halal, tetapi juga fasilitas yang sesuai dengan ajaran Islam, seperti tempat ibadah, akomodasi dengan fasilitas yang sesuai syariah, dan kegiatan wisata yang bertentangan dengan nilai-nilai agama. 

Sedangkan fasilitas ramah muslim merupakan fasilitas yang disediakan oleh hotel, restoran, atau tempat wisata guna memenuhi kebutuhan tamu Muslim dalam melaksanakan ibadah dan aktivitas sehari-hari.

“Fasilitas yang ramah muslim maksudnya akses-akses untuk beribadah untuk wisatawan itu dibuat agar tersedia dan jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat wisatawan berada,” kata Ketua Umum MUI DIY Machasin, Jumat, 10 Maret 2023.

Machasin mengatakan, meskipun sebagian besar hotel di Yogyakarta sudah menyiapkan mushola, namun belum semuanya memasang penunjuk kiblat di setiap kamar, sehingga wisatawan terkadang bingung mencari arah kiblat.

Machasin juga mengatakan bahwa saat ini wisatawan semakin gemar menggunakan transportasi publik maka dari itu perlu juga memperhatikan fasilitas-fasilitas untuk tempat ibadah.Tidak hanya di bandara, tetapi terminal dan stasiun juga perlu diperhatikan.

“Yogya secara umum fasilitas untuk pendukung wisatawan muslim sudah layak, namun belum bisa dikatakan ramah, karena faktor lokasinya mungkin terlalu jauh dari wisatawan berada atau pun kelengkapan penunjangnya,” kata Machasin. 

Untuk memperkuat wisata halal ini, perlu juga melihat kondisi dan fasilitas di destinasi-destinasinya juga. “Yogyakarta tiap tahun didatangi jutaan orang, namun untuk fasilitas di destinasi ini kami melihat masih belum moslem friendly”, Menurut Machasin, kemudahan para wisatawan, khususnya yang beragama Islam, untuk beribadah dapat meningkatkan daya Tarik wisata Yogyakarta.

“Pariwisata banyak diminati masyarakat, salah satunya masyarakat yang merasa nyaman tidak ada kendala dalam melakukan banyak hal, termasuk ibadah,” ujarnya.


More information :

  1. (admin 1) 0821 3700 0107
  2. (admin 2) 0815 7552 0823

Baca juga : Syarat Sertifikasi Halal Terbaru 2023Alur Sertifikasi Halal Gratis 2023Pentingnya Sertifikat Halal untuk Produk

Tag: lsppiujttcjana dharma indonesia, lsuhklph bmwiyayasan bms

beritahalalterbarubpjphhalalmuisertifikasihalal

Info Lebih Lanjut

© 2022 Sertifikasi Halal Indonesia